Pengertian Pariwisata

Dalam arti luas, pariwisata adalah kegiatan rekreasi di luar domisili untuk sejenak menjauh dari kegiatan atau rutinitas sehari-hari, dan menikmati suasana lain yang lebih berbeda dan menyenangkan.

Definisi Pariwisata menurut Damanik dan weber : Pariwisata adalah fenomena pergerakan manusia, barang, dan jasa yang sangat kompleks. Ia terkait erat dengan organisasi, hubungan-hubungan kelembagaan dan individu, kebutuhan layanan, penyediaan kebutuhan layanan, dan sebagainya.

Sedangkan menurut Marpaung : Pariwisata adalah perpindahan sementara yang dilakukan manusia dengan tujuan keluar dari pekerjaan-pekerjaan rutin, keluar dari tempat kediamannya. Aktivitas dilakukan selama mereka tinggal di tempat yang dituju dan fasilitas dibuat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

¬†Menurut undang-undang nomor 10 tahun 2009 : “Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah”.

Dari pengertian atau definisi-definisi tentang pariwisata di atas, dapat disimpulkan bahwa Pariwisata merupakan perjalanan manusia ke daerah lain dalam jangka wktu sementara, bukan untuk mencari nafkah, dan akan kembali lagi ke tempat asalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s